Newest Post

// On :Minggu, 03 November 2019

Agar tubuh terjaga kesehatannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya mencukupi asupan vitamin untuk tubuh.

Penting kiranya untuk mengetahui ciri-ciri tubuh yang kekurangan vitamin.

Secara umum tubuh yang kekurangan vitamin akan merasakan gejala-gejala aneh. Tubuh bisa kekurangan vitamin akibat terlalu sering konsumsi junk food atau fast food yang kurang sehat.


Ciri-Ciri (Gejala) & Akibat Tubuh Yang Kekurangan Vitamin

Ciri-ciri tubuh yang kekurangan vitamin

1. Bibir pecah-pecah dan juga di sudut mulut

Ini seperti ada celah di sudut mulut, atau bibir yang terasa pecah-pecah. Masalah sudut mulut atau bibir pecah-pecah bukan hanya karena kekurangan vitamin C (seperti yang dikira banyak orang), tetapi juga karena kekurangan vitamin B, zat besi dan zinc.

Untuk mengatasinya, secara rutin konsumsi asupan seperti jeruk, jambu batu, daging unggas, ikan salmon, ikan tuna, telur, tomat.

Konsumsi juga sayuran hijau dan kacang-kacangan, agar kebutuhan vitamin harian terpenuhi dengan baik.
Kekurangan vitamin B6 juga dapat menyebabkan ujung mulut dan bibir terasa pecah-pecah.


2. Kram otot di betis, punggung kaki, dan jari kaki

Kram otot terutama pada kaki seperti yang disebutkan diatas tentunya sangat terasa sakitnya (bisa seperti rasa tertusuk). Rasa sakit tersebut terjadi karena tubuh yang kekurangan kalsium, magnesium, dan kalium.

Untuk mengatasinya, secara rutin konsumsi makanan seperti apel, anggur, labu dan bayam.

3. Kesemutan pada kaki dan tangan

Rasa kesemutan dirasakan karena tubuh yang kekurangan vitamin B9, B6 dan B12. Sehingga disarankan untuk memakan makanan seperti bayam, kacang, telur, dan daging unggas yang kaya akan kandungan vitamin B.
4. Muncul Sariawan

Menurunnya daya tahan tubuh, yang biasanya disertai dengan kulit kering dan bersisik, mulut kering, bibir pecah, serta sariawan merupakan gejala kekurangan vitamin B2.

Untuk mencegahnya, perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B2 seperti sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur dan susu.

5. Gangguan pada syaraf

Gangguan pada syaraf dan otot disebabkan kekurangan vitamin E. Untuk mencegahnya, konsumsi asupan yang banyak mengandung vitamin E seperti ikan, ayam, kuning telur, kecambah, ragi, minyak tumbuh-tumbuhan.

6. Mudah Nyeri Pada Tubuh

Masalah infeksi pada luka, gusi yang berdarah, rasa nyeri pada persendian bisa menjadi penyebab tubuh kekurangan vitamin C.

Untuk mengatasinya, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah jeruk, jambu batu, tomat, nanas, sayur-sayuran segar dsb.

loading...

7. Tepi lidah bergerigi

Coba julurkan lidah, lalu perhatikan pada bagian tepinya bergerigi apa tidak. Jika iya, itu menandakan tubuh dalam kondisi lelah karena kurang istirahat. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dan vitamin B kompleks.

8. Kepala mudah berkeringat

Munculnya keringat di kepala bisa menjadi gejala tubuh kekurangan vitamin. Dr. Michael Holick, salah satu peneliti vitamin D di Mercola Foundation, menjelaskan bahwa munculnya keringat yang terlalu sering disebabkan tubuh yang kekurangan vitamin D. 

9. Otot yang mudah kram akibat tubuh kekurangan vitamin B5. Untuk mengatsinya, konsumsi makanan seperti daging, susu, sayur-sayuran, hati, kacang hijau.

10. Gigi yang mudah rusak, otot yang rentan mengalami kejang-kejang, adanya masalah pada pertumbuhan tulang, itu bisa menjadi gejala kekurangan vitamin D. Untuk mengatasinya, perlu mengonsumsi makanan kaya akan vitamin D seperti minyak ikan, susu, telur dan keju.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © desain //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //